Cara Mengecilkan Perut

Posted on

Cara Mengecilkan Perut – Kembung seringkali dikaitkan dengan risiko tinggi penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat.
Selain itu, perut buncit juga dianggap sebagai fenomena yang mengkhawatirkan bagi sebagian orang.

Bagi sebagian orang, kembung merupakan masalah yang sulit. Meski begitu, perut kembung adalah rasa sakit tersendiri, karena badan tidak bisa bergerak bebas dan baju lama sudah tidak muat lagi. Untuk itulah, mereka selalu mencari cara untuk mengurangi kembung karena alasan kesehatan sekaligus untuk menjaga penampilan.

Salah satu cara paling pasti untuk menghilangkan lemak perut adalah dengan berolahraga. Untuk melakukan ini, Anda perlu tahu latihan apa yang digunakan untuk mengecilkan perut, membuatnya lebih rata dan kencang.

Definisi

Cara Mengecilkan Perut
Cara Mengecilkan Perut

Menghilangkan lemak perut terbukti sulit dan menantang. Mencapai hasil yang maksimal membutuhkan keseriusan, motivasi dan konsistensi.

Pikirkan berbagai risiko penyakit berbahaya yang bisa menyerang Anda akibat kelebihan lemak. Ditambah lagi, lemak perut berlebih bisa menyebabkan kembung dan putus asa.

Cara terbaik untuk mengurangi lemak perut adalah melalui olahraga. Namun, langkah lain, seperti makan dan makan makanan tertentu, juga bisa membantu Anda mendapatkan perut impian Anda.

Cara Mengecilkan Perut dengan Pola Makan yang Sehat

Berikut ini saya akan memandu Anda tentang cara mengatasi perut kembung dengan mengikuti beberapa tips mengecilkan perut buncit melalui gaya hidup sehat dengan pola makan yang sehat.

Atur Waktu Pola Makan

Kudapan yang mengandung protein antara pukul 3 sore hingga 4 sore dipercaya dapat membantu mencegah kembung. Makan camilan seperti protein batangan atau almond dan apel, yang dapat memicu metabolisme dan keseimbangan gula darah.

Semakin rendah kadar gula darah, semakin rendah tingkat insulin. Sedangkan insulinlah yang menyebabkan tubuh menyimpan lemak di area perut.

Mengkosumsi dengan Minyak Kelpa

Minyak kelapa mengandung medium chain triglycerides (MCTs), yang dipercaya dapat memberi energi dan membuat kita merasa kenyang. Ini juga dikatakan membantu mengurangi ukuran pinggang.

Mengkosumsi Minyak Ikan atau Makan Ikan

Makan ikan berminyak seperti salmon sekali atau dua kali seminggu bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi ukuran perut lidah Anda.

Baca Juga :  Cara Membuat Dalgona Coffee

Makanya, ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 dan protein berkualitas tinggi. Kedua komponen ini dipercaya bisa mengurangi lemak di lambung dan hati. Asupan ikan ini juga bisa diganti dengan minyak ikan atau suplemen minyak ikan.

Berpuasa

Salah satu metode diet paling populer saat ini. Puasa menengah bisa diartikan puasa karena dalam diet ini kita harus berpuasa 24 jam dua hari dalam seminggu atau menggunakan hitungan 16: 8 yaitu puasa 16 jam dan mampu makan 8 jam sehari. … Saat berpuasa, kita tetap diperbolehkan minum air putih atau minuman non gizi lainnya. Diet ini dianggap salah satu cara paling efektif untuk mengecilkan perut Anda.

Minum Kopi dan Teh Hijau Tanpa Gula

Minum teh hijau atau kopi bebas gula dipercaya dapat meningkatkan pembakaran kalori tubuh. Selain itu, kedua minuman ini juga bisa mengecilkan ukuran pinggang dan membuat perut buncit.

Mengurang Porsi Makan yang Berlebih

Untuk mengurangi kembung, Anda juga perlu memperhatikan porsi makanan yang Anda makan. Makan secukupnya dan pastikan ada makanan sehat di menu.

Kita didorong untuk makan lebih banyak biji-bijian, seperti roti gandum, dan makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

Jangan Terlalu Sering Meminum yang Mengandung Gas atau Soda

Minuman yang dibuat dengan soda dapat meningkatkan jumlah gas di saluran pencernaan Anda. Jika terlalu banyak, gas ini akan menyebabkan kembung dan semakin membengkak. Konsumsi gas yang berlebihan juga dapat terjadi akibat mengunyah permen karet, minum melalui sedotan, atau makan sambil berbicara.

Mengkosumsi Cuka Apel

Asetat dalam cuka sari apel dipercaya dapat mengurangi penumpukan lemak tubuh. Meski demikian, penelitian tentang hal ini baru dilakukan pada hewan coba, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat pengaruhnya langsung pada manusia.

Makan dengan Perlahan atau Tidak Terburu-Buru

Jika kita makan terlalu cepat, otak tidak punya waktu untuk memberi tahu kita bahwa tubuh mengonsumsi terlalu banyak kalori. Makan terlalu cepat juga akan membuat Anda menelan terlalu banyak udara dan gas, sehingga Anda berisiko merasa kembung.

Kunyah Makanan Sampai Lembut

Cara kita mengunyah makanan juga memengaruhi ukuran perut. Karena jika ditelan dalam kondisi kurang halus, makanan tidak akan bisa dicerna dengan sempurna. Akibatnya perut cenderung kembung dan terlihat buncit.

Mengurangi Tingkat Stres

Orang yang sedang stres menghasilkan lebih banyak hormon kortisol, yang dapat meningkatkan nafsu makan. Jadi, orang yang sedang stres sering kali bisa membuat berat badan naik. Untuk mengurangi stres, Anda dapat melakukan hobi, berlibur atau bercerita pada orang terdekat Anda.

Cukup Tidur

Tidur yang cukup merupakan salah satu cara mengecilkan perut yang membutuhkan perhatian. Karena ketika seseorang kurang tidur, keseimbangan hormonal dalam tubuhnya berubah, dan dia lebih cepat lapar. Jadi, jika ingin menghilangkan perut kembung sekaligus menurunkan berat badan, tidurlah yang cukup, yaitu 7-9 jam sehari.

Baca Juga :  Inilah Daftar Negara Yang Tidak Bermain Mobile Legend

Mengkosumsi Probiotik

Bakteri baik yang membantu menjalankan berbagai fungsi tubuh, termasuk pembakaran juga distribusi lemak. Probiotik bisa Anda dapatkan dari makanan atau minuman yang sudah difermentasikan seperti yougert, tempe, dll.

Minum Air Mineral yang Cukup

Kita bisa mencegah kembung dan penyerapan cairan yang buruk dengan minum banyak air. Selain itu, minum air putih satu gelas sebelum makan juga akan membantu kita merasa agak kenyang, sehingga porsinya bisa dibatasi.

Mengurangi Mengkosumsi Banyak Gula

Salah satu penyebab kembung yang paling umum. Jadi, membatasi asupan gula bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengecilkan perut buncit. Asupan gula berlebih biasanya berasal dari minuman kemasan seperti teh celup, susu, soda, dan jus buah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda dapat menghindari minuman dengan banyak mengandung gula.

Membatasi Mengkosumsi Banyak Mengandung Garam

Terlalu banyak garam dapat mengganggu penyerapan air oleh tubuh, sehingga terjadi penumpukan banyak cairan, termasuk di area perut. Ini akan menyebabkan kembung dan kembung.

Jadi, salah satu cara paling efektif untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan membatasi asupan garam. Kita bisa mengganti garam yang biasa dikonsumsi dengan garam laut rendah sodium atau menambahkan bumbu ke makanan kita agar rasanya lebih enak.

Kurangi Asupan Kalori

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan kalori harian agar bisa mengurangi berat badan berlebih dan ukuran perut. Meski begitu, hal ini bukan berarti harus mengurangi secara pesat atau drastis.

Karena apabila terlalu sedikitnya kalori yang disuntikkan, metabolisme tubuh seperti penyerapan cairan, pembakaran lemak, dan penyerapan nutrisi akan melambat.

Meningkatkan Asupan Protein

Makan protein akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, satu penelitian kecil menemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti susu, telur, dan daging sapi umumnya memiliki lemak perut yang lebih rendah.

Mengurangi Asupan Karbohidrat

Ini sangat diperlukan sebagai sumber energi bagi tubuh. Namun, untuk menjaga perut tetap rata, sebaiknya pilih karbohidrat kompleks seperti biji-bijian dan hindari karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti putih tawar, atau pasta.

Apabila mengonsumsi gula lebih banyak dari yang Anda butuhkan, kelebihan gula tersebut akan disimpan di dalam tubuh sebagai lemak.

Perbanyak Maknan yang Berserat

Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk makan lebih banyak atau mengemil berkurang. Serat juga bermanfaat untuk sistem pencernaan, karena mengurangi perut kembung dan mencegah perut terlihat lebih kembung.

Cara Mengecilkan Perut dengan Olahraga

Berikut ini saya akan memandu Anda tentang cara mengatasi perut kembung dengan mengikuti beberapa tips mengecilkan perut buncit melalui gaya hidup sehat dengan olahraga.

Sit-Up

Untuk olahraga ini, olahraga utamanya adalah yang difokuskan pada perut.

Baca Juga :  Mendapatkan Uang dari Internet

Gerakan squat memfokuskan kontraksi otot perut. Mengerjakan otot perut dengan keras bisa memembuat pembakaran lemak di perut.

Selain ini, squat meningkatkan meningkatkan setamina atletik dan keseimbangan postur tubuh. Manfaat squat lainnya adalah meningkatkan kesehatan pernapasan perut.

Squat bisa dilakukan di mana saja, meski ruang sempit. Squat tidak membutuhkan alat tambahan apapun, kecuali Anda yang biasanya menggunakan matras mesin.

Renang

Latihan semacam itu bisa menjadi alternatif olahraga untuk mengecilkan perut.

Berenang merupakan olahraga yang beratnya tidak bergantung pada titik penyangga tertentu dari tubuh sehingga Anda merasa nyaman tanpa membebani kaki Anda untuk mendapat penyangga.

Selama berenang, cukup banyak bagian tubuh yang bergerak di antara lengan dan paha.

Penelitian Harvard Health memperkirakan bahwa orang dengan berat 70 kg dapat membakar sekitar 233 kalori dengan berenang dalam 30 menit.
Berenang juga dianggap bermanfaat untuk persendian tubuh, jadi cedera minimal.

Namun di tengah pandemi Covid-19, sebaiknya hindari berenang di tempat umum karena air bisa menjadi media penularan virus corona.

Yoga

Mengutip Healthline, yoga dikenal sebagai olahraga penghilang stres. Apalagi yoga juga efektif untuk menurunkan berat badan.

Olahraga ini dapat membakar banyak kalori dan menawarkan berbagai manfaat penurunan berat badan.

Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa orang yang berlatih yoga selama 90 menit dalam seminggu mampu mengurangi lingkar pinggangnya hingga 3,8 cm.

Selain membakar kalori, yoga bisa menguatkan nasehat Anda untuk menghindari makan junk food, mengontrol makan berlebihan, dan memahami kapan Anda lapar.

Mengendarai Sepeda

Bersepeda biasanya dilakukan di luar ruangan. Namun dalam pandemi seperti saat ini, menggunakan sepeda statis bisa jadi solusinya.

Anda tetap bisa bersepeda meski di dalam ruangan, namun mendapatkan manfaat yang sama.

Sebuah studi Harvard Health menemukan bahwa orang dengan berat 70 kg dapat membakar hingga 260 kalori dengan bersepeda selama 30 menit dengan kecepatan rata-rata 19-22 km per jam.

Bersepeda tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan kebugaran dan menjauhkan diri dari risiko penyakit jantung dan kanker.

Sampai sinilah sobat yang bisa saya sampaikan dan berikan dalam pembahsan materi Cara Mengecilkan Perut di artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat membatu sahabat semua dalam memahami dan mepelajari materi tersebut. Sekian dan terimakasih, selamat mencoba.

Baca Juga: