Cara Push Up Yang Benar

Posted on

Cara Push Up Yang Benar – Tidak semua orang dapat memahami pentingnya olahraga. Banyak orang masih menganggap bahwa olahraga itu sulit dan mengeluarkan uang.

Faktanya, semua pemikiran ini salah. Karena banyak sekali ola raga yang bisa dipraktekkan secara praktis, dimana saja, kapan saja, dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Salah satunya push up, olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di mana saja, kapan saja dan tentunya gratis.

Pengertian Dari Push Up

Push-up adalah latihan mudah yang diklasifikasikan sebagai olahraga yang tidak memerlukan biaya sama sekali. Push-up juga merupakan latihan fisik yang sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Sejak kecil kita juga diajari olahraga yang menggunakan tubuh sebagai beban. Push-up bagus untuk kesehatan dan kebugaran kita.

Push-up tidak hanya mengencangkan otot di lengan, tetapi juga mengontraksikan otot di perut. Tetapi kebanyakan orang tidak tahu bagaimana melakukan push-up dengan benar.

Push-up dilakukan dengan seluruh tubuh bertumpu pada kekuatan lengan, sehingga efek mengencangkan otot lengan akan lebih signifikan jika dilakukan secara teratur dan benar.

  Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan

Tips Push Up Yang Benar

Sayangnya, banyak orang yang masih belum mengetahui cara melakukan push up dengan benar. Kami melakukannya secara rutin, hanya merasa lelah, tidak mendapatkan tubuh yang sempurna, atau bahkan terluka.

Namun tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena kali ini Financialku akan membahas cara push up yang benar.

Dasar-dasar push-up

Mulailah Dengan Berbaring di Lantai

Dekatkan kaki Anda satu sama lain, Berat badan Anda harus dipindahkan ke dada Anda.
Letakkan telapak tangan Anda di lantai selebar bahu. Keduanya harus dekat dengan bahu Anda, siku harus diarahkan ke jari-jari kaki Anda.

  • Jika Anda berada di permukaan yang tidak terlalu keras, seperti lantai berkarpet, Anda juga dapat menopang diri Anda dengan buku jari di tangan untuk menciptakan tugas yang lebih menantang.
  • Jika Anda berada di permukaan yang sangat keras, pertimbangkan untuk menggunakan pegangan push-up (yang terlihat seperti kenop pintu di lantai).
  • Tekuk jari kaki ke atas (ke arah kepala). Pangkal jari kaki Anda harus menyentuh lantai.

Angkat Tubuh Dengan Tangan

Pada titik ini, beban Anda akan ditopang oleh tangan dan pangkal jari kaki Anda. Posisi tubuh Anda harus membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit.

Postur ini disebut papan (plank) dan digunakan dalam banyak jenis latihan lainnya. Ini adalah posisi awal dan akhir dari satu push-up.

Pilih Jenis Push-Up Yang Tepat

Sebenarnya ada tiga jenis variasi push-up dasar, yang masing-masing menggunakan otot yang berbeda. Perbedaannya terletak pada posisi tangan Anda saat berada dalam posisi papan.

Semakin dekat lengan Anda, semakin Anda melatih trisep Anda. Semakin lebar lengan Anda, semakin banyak Anda menggunakan otot dada.

  • Push-up biasa: lengan harus sedikit lebih lebar dari lebar bahu. Jenis push-up ini melatih otot-otot di lengan dan dada Anda.
  • Diamond push-up: Letakkan kedua tangan Anda bersama untuk membentuk berlian dan letakkan kedua tangan tepat di bawah dada Anda. Jenis push-up ini menggunakan otot lengan Anda lebih banyak daripada push-up biasa.
  • Rentangkan lengan Anda: Rentangkan lengan Anda jauh melampaui bahu Anda. Jenis push-up ini benar-benar melatih otot dada Anda dan hanya membutuhkan sedikit kekuatan lengan.
  Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Push Up Dasar

Turunkan Tubuh ke Lantai Hingga Siku Membentuk Sudut 90 Derajat

Jaga siku tetap dekat dengan tubuh untuk mendapatkan lebih banyak resistensi. Regangkan kepala Anda ke depan.

Usahakan agar ujung hidung Anda menghadap ke depan. Jaga tubuh Anda dalam posisi papan datar dan jangan menurunkan pinggul Anda. Tarik napas sambil menurunkan tubuh Anda.

Jarak antara tubuh Anda dan lantai bisa berbeda-beda tergantung kekuatan dan bentuk tubuh Anda. Jarak yang baik antara tubuh Anda dan lantai, bagaimanapun, adalah tingkat kepalan tangan Anda.

Angkat Tubuh Dengan Gerakan Mendorong ke Lantai Menjauh

bernapas saat Anda menekan. Gaya dorong akan datang dari otot-otot di bahu dan dada.

Trisep (otot di bagian belakang bahu) juga berkontraksi, tetapi bukan kelompok otot utama yang terlibat.

Tahan godaan untuk menggunakan bokong atau perut Anda. Terus dorong sampai lengan Anda hampir lurus kembali (tetapi tidak terhalang).

Ulangi Menurunkan dan Menaikkan Tubuh Dengan Kecepatan Tetap

Setiap pergerakan naik dan turun akan dihitung sebagai satu push-up, lakukan ini sampai Anda menyelesaikan satu set atau sampai Anda mencapai kemampuan maksimal Anda.

Melakukan push-up yang sulit

Lakukan Push-Up Dengan Bertepuk Tangan

Dorong lantai dengan kekuatan yang cukup untuk bertepuk tangan saat tubuh Anda di udara. Ini bisa dilakukan sebagai latihan plyometric.

Lakukan Push-Up Berlian

Dalam posisi papan, letakkan kedua tangan di bawah tubuh Anda dalam bentuk berlian. Sekarang lakukan push up sambil tetap menggenggam tangan dalam posisi berbentuk berlian. Opsi ini membutuhkan kekuatan lengan yang jauh lebih besar.

Lakukan Push-Up Kalajengking.

Mulailah dengan push-up biasa atau berbagai push-up dasar. Turunkan tubuh, angkat satu kaki dari lantai dan tekuk lutut ke depan dan ke belakang. Lakukan beberapa set untuk setiap kaki, atau kaki bergantian.

  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

Lakukan Push-Up Laba-Laba.

Lakukan push-up biasa atau berbagai push-up dasar. Setelah Anda selesai menurunkan, angkat satu kaki dari lantai dan angkat lutut ke bahu. Lakukan beberapa set di setiap kaki, kaki bergantian.

Jika dilakukan dengan benar, variasi ini akan melibatkan otot tidak hanya tubuh bagian atas, tetapi juga bagian tengah tubuh.

Lakukan Push-Up Dengan Satu Tangan.

Jaga agar kaki Anda lebih lebar dari biasanya (untuk keseimbangan), letakkan satu tangan di punggung Anda dan terus dorong dengan satu tangan.

Dorong Dengan Jari-Jari

Jika Anda sangat kuat, Anda dapat mencoba melakukan push-up hanya dengan jari Anda dan bukan seluruh telapak tangan.

Lakukan Push-Up Dengan Kaki Terangkat

Anda dapat meningkatkan kesulitan push-up dengan menempatkan kaki sedikit lebih tinggi.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan dalam pembelajaran artikel diatas tentang Cara Push Up Yang Benar. Semoga dengan artikel ini dapat membantu aktivitas anda, sehingga memudahkan dan melancarkan aktivitas sobat sekalian, Sampai bertemu artikel selanjutnya.

Baca Juga: